Saturday 13 July 2013

Yang perlu dipertimbangkan dalam membeli mobil bekas




Pertanyaan-pertanyaan sebelu memutuskan untuk membeli mobil-motor:

1. Tujuan membeli mobil
Tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup Anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.

2. Tentukan fitur-fitur yang harus ada di mobil yang hendak Anda beli

Seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll. Ketika Anda sedang memeriksa mobil bekas yang Anda minati, pastikan Anda memeriksa dengan seksama fitur-fitur tersebut.

3. Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli mobil

Meskipun mobil bekas menawarkan harga mobil yang relatif lebih murah, Anda tetap perlu menghitung kemampuan finansial Anda. Pertimbangkan juga opsi-opsi termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.
Bila Anda sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada.
Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana Anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai.

Sebesar apapun keinginan, kepala harus tetap dingin

Harus diingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain.


MEMBELI MOBIL BEKAS

Untuk menghindari kita terjebak dalam perangkap para pemilik dan penjual ada beberapa tips yang dapat berguna bagi kita.


1.      Periksa Latar Belakang Kendaraan.

  • Pertama, cek harga pasaran. Sebaiknya lakukan cek harga motor di pasaran terlebih dahulu, bisa dari koran, majalah atau situs jual beli.
  • Kedua, cek nomor rangka dan mesin. Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB.
  • Ketiga, cek kondisi fisik. Periksa kondisi seluruh bodi. Apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts orisinil.
  • Keempat, periksa kondisi oli mesin dan speedometer. Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik. 
Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau electric starter motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.
Lakukan pengecekan terhadap kondisi roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dan belakang. Hal ini untuk meyakinkan bahwa sasis atau rangka tidak membengkok. Motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.

2.      Jangan Terlalu Terburu-buru Dalam Membeli Mobil Second.

Cobalah kendaraan telebih dahulu karena baik buruknya akan terasa saat di kendarai di jalanan .
  • Pertama, hidupkan mesin motor dan perpindahan gigi. Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1.500 rpm. Serta pastikan juga tidak ada bunyi yang kasar di dalam mesin.
  • Kedua, Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis.

3.      Jangan Membeli Kendaraan Dengan Kondisi Berikut Ini

Setelah kita memeriksa latar belakang kendaraan, jangan pernah membeli kendaraan dengan embel-embel “perlu sedikit perbaikan”. Biasanya kendaraan yang demikian malah mengharuskan anda dikemudian hari melakukan perbaikan disana-sini tanpa henti. Jangan pernah membeli kendaraan yang pernah tabrakan parah terutama yang frontal atau kendaraan yang bekas terkena banjir. Walaupun kelihatannya mulus saat ini, masalah bertubi akan mengikuti mobil tersebut di kemudian hari.

4.      Jangan Bersikap Terlalu Skeptik Terhadap Penjual Mobil Second

Pada saat bertanya dan memeriksa kendaraan bersikaplah sabar dan sopan walau harus tetap berpendirian pada apa yang kita mau. Bila kita bersikap demikian dan bertemu dengan penjual yang jujur seringkali mereka akan membantu dengan maksimal dan bahkan mungkin memberikan bonus atau potongan harga. Bila tidak ingin terlalu beresiko, alangkah baiknya kita membeli mobil dari penjual yang sudah bereputasi baik dengan layanan purna jual yang baik pula.

Arti indikator ban


Cara membaca spesifikasi yang tertera pada ban mobil: 



Sebagai contoh Ban GT Radial Ukuran 205/60-R15



Profil ban 205/60 R15 91 V
205
Lebar ban (mm)
60
Aspect ratio (persentase dari lebar ban)
R
Konstruksi radial
15
Diameter velk (inch)
91
Load Index
V
Speed rating (simbol kecepatan)
  Sumber: GT Radial 






TABEL SPEED INDEX
Simbol
Kecepatan (km/jam)
F
80
G
90
J
100
K
110
L
120
M
130
N
140
P
150
Q
160
R
170
S
180
T
190
U
200
H
210
V
240
ZR
>240
W
270
Y
300
Sumber: GT Radial

Labels: , , ,

Tips Cara Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Mobil, ref.Tips Berkendara Daihatsu

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan oleh pengendara mobil/kendaraan lainnya untuk menghemat penggunaan BBM yang saat ini semakin mahal:
  1. Hindari pemanasan mesin yang terlalu lama. Cukup 2-3 menit saja.
  2. Lakukan perpindahan gigi pada rpm 2000-3000 (lihat pada Tachnometer).
  3. Hindari akselerasi dan pengereman yang mendadak bila tidak diperlukan.  Injak pedal gas dengan lembut dan gunakan engine brake untuk membantu pengereman. Disamping dapat menghemat bahan bakar hal ini juga dapat menghemat penmakaian kanvas rem.
  4. Gunakan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi. Tekanan angin ban yang kurang akan menambah beban mesin kendaraan sehingga diperlukan tenaga yang lebih besar untuk menambah akselerasi mobil. Sedangkan penggunaan angin yang berlebihan akan mengakibatkan kendaraan manjadi tidak nyaman dan terlalu liar untuk dikendalikan.
  5. Sebisa mungkin hindari jalanan yang macet, untuk memperlambat waktu pemakaian mobil sehingga penggunaan bahan bakar bisa di kurangi.
  6. Lakukan perawatan mesin secara berkala. Engine tune up serta pembersihan saringan udara dan bahan bakar.
  7. Terimakasih.

 sumber: Tips Berkendara Daihatsu





Tips supaya konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor anda menjadi irit

 ricky rody  

1.     Cek Tekanan Ban
Sepele, tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.

2.      Cek Kondisi Roda
Contoh dari kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. Sebab apabila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya pelek tidak center(speleng), bearing roda aus atau kurang pelumasan dan sebagainya.

3.      Atur Jarak Main Rem.
Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karen dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.

4.      Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar.

5.      Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing”.

6.      Stel Kopling
Stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.

7.     Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.

8.     Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.

9.      Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.

10.   Menaikan Kompresi.
Ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah, jadi saat berakselerasi awal, tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head, melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.

11.    Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, akali dengan memasang oil cooler.
Untuk motor penganut sistem pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.

Upgrade mesin ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya, cukup mengembalikan kepresisian komponen itu jadi normal lagi, maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.

12.    Pakai Fuel Saver
Tidak haram jika mau aplikasi “part” pengirit bensin kayak: power FX -femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

13.    Upgrade Pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga mesin. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.

14.    CDI Racing (tidak berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. Umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Penerapan langkah ini dapat mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.

15.   Ringankan Beban Motor.
Motor yg berat bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam saat mau berakselerasi cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot enteng/ringan. Misal pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.

16.    Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor.
Bila misalnya motor Anda hanya perlu menggunakan BBM dari jenis premium, tak perlu Anda ganti dengan pertamax atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang. Pabrikan sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM.

Untuk contoh di atas, memang motor ber-BBM premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat motor bersangkutan mengonsumsi BBM lebih banyak (yang pasti harganya lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. Jika motor memang direkomendasikan harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas dengan memakai BBM premium. Selain akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi BBM yang digunakan justru akan membuat motor boros konsumsi BBM-nya.

17.   Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar!!. Kalo anda masih suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.

18. Posisi Duduk Anda
Ini adalah cara paling simple sekaligus bikin cara berkendara jadi aneh. Coba untuk duduk sedikit lebih kedepan dari posisi duduk awal ini berpengaruh pada sok belakang dan membuat motor lebih ringan dan tentunya lebih irit. Kalo masih bingung gimana sih? Kalian perhatiin aja kalo Cewek ato Ibu-Ibu lagi bawa motor, Mereka duduknya di ujung jok. Nah ini yang bikin motor ringan Broo.