Monday, 29 July 2013

Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh



Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Mudik adalah suatu kewajiban yang dilakukan oleh para perantau, kegiatan ini dilakukan rutin setahun sekali umumnya menjelang hari raya idul fitri, tentunya sebelum kita melakukan perjalanan jauh kita harus melakukan persiapan, khususnya untuk anda yang bepergian mudik menggunakan kendaraan sendiri. Berikut ini beberapa bagian mobil yang harus di periksa sebelum melakukan perjalanan jauh. 


      1.   Oli
      Sebagai komponen yang paling penting dalam kendaraan, layaknya darah manusia, bagaimana jika oli tidak diganti secara berkala, selain itu oli juga berguna untuk menjaga kestabilan suhu mesin, tetapi walaupun oli anda sudah diganti, tetapi ada baiknya jika oli kendaraan anda tetap diganti, tentunya dengan oli yang bermerk karena hal ini juga akan meningkatkan kinerja mesin.
2.      Filter Oli
      Setelah kita mengganti oli, tentu akan lebih baik jika kita mengganti filter oli, karena filter sebagai pelengkap untuk fitnya mesin.
3.      Filter Udara
      Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk keruang bakar pada mesin, tentunya ini mencegah partikel kotoran masuk ke mesin. Karena kesempurnaan proses pembakaran salah satu syaratnya adalah udara yang bersih.

4.      Mengatur Ulang Kelep
      Mengganti semua jenis filter seharusnya dibarengi dengan penyetelan kelep disemua mesin, tetapi hal yang harus diingat adalah menyetel kelep pada ahlinya, karena jika kita salah masuk bengkel maka akibatnya tentu saja masalah baru yang akan timbul pada mesin anda.
5.      Sistem Pengapian
      Perhatikan pula sistem pengapian, khususnya untuk mobil yang telah berusia lima tahun, karena jika pembakaran kurang sempurna tetunya tenaga mobil akan loyo dan boros bahan bakar.
6.      Sistem Pendingin
      Hal yang satu ini tidak kalah pentingnya, karena sistem pendingin bisa dikatakan sebagai salah satu alat vital dan penting dalam perjalanan mudik yang tentunya akan dipenuhi dengan kemacetan. Hal yang wajib diperiksa adalah kipas, tali kipas, tutup radiator,serta selang karet karburator atau bahkan ambil langkah mengganti komponen-komponen tersebut.
7.      Aki
      Tentunya komponen yang satu ini merupakan sumber tenaga setrum bagi mobil, mulai distater hingga mesin mati aki merupakan elemen penting bagi mobil. Periksa semua komponen yang berhubungan dengan aki, semisal sel-sel aki, cairan aki, kebel dan terminal aki, hal ini juga berlaku untuk mobil yang menggunakan aki kering, tetap periksa aki mobil anda untuk kelancaran mudik anda.
8.      Rem
      Satu alat paling vital dalam keselamatan berkendara, karena itu pastikan kanvas rem, minyak dan booster bekerja dengan baik, jika perlu ganti dengan yang baru, karena ini demi keamanan dan keselamatan anda pada saat berkendara.
9.      Kanvas Kopling
      Sama halnya dengan rem, kampas kopling merupakan hal yang tak kalah penting dalam sebuah kendaraan, Pasalnya, peranti itulah yang menjadi pengungkit bagian pertama yang digunakan mobil untuk mengungkit tenaga dari mesin untuk disalurkan ke roda oleh sistem transmisi. Kita harus memastikan keadaan kanvas kopling kita dalam keadaan prima, hal ini penting pada saat kita berada dalam keadaan macet tentu kita akan menginjak pedal kopling, hal ini tentunya akan merepotkan kita jika kopling kita bermasalah.
10.  Lampu
      Pastikan kondisi lampu mobil anda dalam keadaan yang sempurna, baik lampu utama, lampu kabut, lampu rem, lampu hazard dalam keadaan bagus.

Demikianlah tips aman sebelum mudik untuk kendaraan kita, periksa elemen-elemen tersebut sebelum anda melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman anda.

 dikutip dari kaskus