Wednesday 31 July 2013

Oli Mesin Berkurang



Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang

Anda salah satu pemilik mobil atau motor yang oli mesinnya cepat habis dan berkurang? Padahal anda merasa baru saja mengisi atau mengganti oli pada mobil anda? Mungkin ini yang terjadi pula pada mobil anda, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui penyebab-penyebab oli motor dan mobil cepat habis dan berkurang, diantara penyebab utama ialah sebagai berikut:

1.  Seal mesin bocor - Kebocoran mesin
2.  Asap putih - Piston atau seker
3.  Ring seher - Penahan oli pada ruang pembakaran
4.  Kualitas oli kurang bagus - Tidak tahan panas atau memuai


  • Cek kebocoran pada seal mesin.

        Penyebab terjadinya oli mesin cepat habis adalah kebocoran pada seal packing yang berada disela bagian antar sambungan mesin. Baik mobil atau motor semuanya menggunakan seal diantara bagian sambungan mesin, seiring berjalannya waktu, lambat laun bagian seal tersebut tersebut kemudian akan mengeras. Pengerasan tersebut yang akan menjadikan rawan terjadinya robek pada seal. Hal inilah yang kerap terjadi namun jarang disadari oleh para pemilik kendaraan baik mobil atau motor.
        Karena kobocoran yang terjadi tersebut, maka oli mobil akan menjadi berkurang. Sedikit demi sedikit,  pada saat proses pembakaran mesin mobil sedang berlangsung, kemudian habis dengan cepat.
       Untuk mengetahui seal bocor atau tidak itu cukup mudah, lihatlah bagian sambungan penutup mesin yang tampak sealnya, jika dibagian itu terdapat rembesan oli maka bisa dipastikan anda harus mengganti seal tersebut, pada beberapa kendaraan mobil dan motor tentu harus turun mesin. Jika pada bagian tersebut tampak kering itu berarti bukan dari kebocoran mesin namun beberapa penyebab yang lain.


  • Mobil atau motor berasap putih.

        Bila terjadi kebocoran pada ring piston / seker akan membuat oli ikut terbakar pada saat mesin mobil melakukan proses pembakaran. Kemudian dari knalpot motor atau mobil akan mengeluarkan asap putih, yang menandakan oli bocor dan masuk kedalam piston.
      Jadi jangan segan, sesekali anda melihat knalpot mobil anda. Dan mengamati asap yang keluar dari dalam. Bila asap putih pekat, maka itulah tanda-tanda masalah pada seker motor dan mobil anda.


  • Ring Seher

        Kemudian periksa juga ring seher, apakah masih dapat berfungsi dengan baik dalam hal menahan oli, dan mencegah oli agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan memeriksa kompresi mobil dapat dengan cara membuka bagian kepalanya saja.
      Kondisi lain yang bisa saja terjadi adalah ruang bakar mesin yang bocor. Hal itu bisa dikarenakan chamshaft yang bocor. Hal tersebut membuat oli bisa masuk kedalam ruang bakar mesin. Bila laju mobil semain kencang, maka rembesan oli yang semakin banyak tak dapat dihindarkan.
       Kondisi oli mobil yang cepat habis akan membuat komponen mobil menjadi cepat rusak dan bahkan jika kondisinya sudah fatal. Mobil bisa berhenti mendadak saat dikemudikan sekalipun. Ada baiknya untuk memantau kondisi kendaraan anda secara rutin. Mulai sekarang anda bisa memulai membiasakan untuk membawanya ke bengkel, untuk mengecek apakah tiap bagiannya berjalan dengan baik.


  • Kualitas oli kurang bagus

        Oli yang bagus tentu akan tahan terhadap panasnya mesin, bahkan jika sedang dipakai saat perjalanan super panjang misalnya saat mudik lebaran atau kendaraan travel yang setiap hari mesin kerja ekstra keras, dan oli yang tidak bagus dia akan cepat memuai karena tidak tahan panas, lalu oli manakah yang anda pakai?
       Oli yang kualitas buruk inilah yang menyebabkan berkurang dan cepat habis, mengalami pemuaian yang tanpa kita sadari, sesuaikannlah kualitas dan harga oli dengan mobil anda, jika mobil anda memiliki tingkat rutinitas tinggi tentunya anda juga sudah harus tahu untuk memilih oli kualitas terbaik dan mengganti secara teratur, jika mesin sudah rusak karena oli tentu akan butuh biaya lebih mahal lagi, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home