Tips Cara Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Mobil, ref.Tips Berkendara Daihatsu
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan oleh pengendara mobil/kendaraan lainnya untuk menghemat penggunaan BBM yang saat ini semakin mahal:
- Hindari pemanasan mesin yang terlalu lama. Cukup 2-3 menit saja.
- Lakukan perpindahan gigi pada rpm 2000-3000 (lihat pada Tachnometer).
- Hindari akselerasi dan pengereman yang mendadak bila tidak diperlukan. Injak pedal gas dengan lembut dan gunakan engine brake untuk membantu pengereman. Disamping dapat menghemat bahan bakar hal ini juga dapat menghemat penmakaian kanvas rem.
- Gunakan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi. Tekanan angin ban yang kurang akan menambah beban mesin kendaraan sehingga diperlukan tenaga yang lebih besar untuk menambah akselerasi mobil. Sedangkan penggunaan angin yang berlebihan akan mengakibatkan kendaraan manjadi tidak nyaman dan terlalu liar untuk dikendalikan.
- Sebisa mungkin hindari jalanan yang macet, untuk memperlambat waktu pemakaian mobil sehingga penggunaan bahan bakar bisa di kurangi.
- Lakukan perawatan mesin secara berkala. Engine tune up serta pembersihan saringan udara dan bahan bakar.
- Terimakasih.
sumber: Tips Berkendara Daihatsu
Tips supaya konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor anda menjadi irit
1. Cek Tekanan
Ban
Sepele, tapi besar manfaatnya
dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat
menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan
selalu tepat sebelum mengendarainya.
2. Cek
Kondisi Roda
Contoh dari kelurusan putaran,
kelancaran putaran roda dan lainnya. Sebab apabila putaran roda berat atau tak
presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya pelek tidak
center(speleng), bearing roda aus atau kurang pelumasan dan sebagainya.
3. Atur
Jarak Main Rem.
Apabila rem sampai menempel,
tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai
sama jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan
maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu
rapat, karen dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
4. Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu
membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor
lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli
secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap
2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran yang
lancar.
5. Setel
Klep
Celah klep terlalu longgar atau
rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas
lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, untuk
itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor
masing”.
6. Stel
Kopling
Stelanya jangan sampai terlalu
sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi
cepat ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari
motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula
kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah
ganti baru.
7. Busi
Umur kerja busi, efektifnya
sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun.
Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi
boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun
loyo. Oh ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis
rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan
kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi
sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
8. Filter Udara
Filter jenis viscous element tak
boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter
dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu
diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi
BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
9.
Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
Di anjurkan tiap kali servis rutin
guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu
didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian
pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil
pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga
0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
10. Menaikan Kompresi.
Ini langkah meningkatkan torsi
mesin di putaran bawah, jadi saat berakselerasi awal, tidak perlu buka gas
terlalu dalam, bensin pun irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak
ekstrem harus papas head, melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau
mengganti pistone berdome tinggi.
11. Upgrade
Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat
mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, akali dengan memasang oil cooler.
Untuk motor penganut sistem
pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat
motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.
Upgrade mesin ditujukan buat
motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti
banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu
longgar dan lainnya, cukup mengembalikan kepresisian komponen itu jadi normal
lagi, maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.
12. Pakai Fuel
Saver
Tidak haram jika mau aplikasi
“part” pengirit bensin kayak: power FX -femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab
berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian
bensin hingga 10%.
13. Upgrade
Pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga
mesin. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi
peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil
racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
14. CDI Racing
(tidak berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan power mesin
sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. Umumnya dibikin
lebih maju dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak pengapian dengan
CDI tipe racing. Penerapan langkah ini dapat mengefisiensikan pemakaian BBM
hingga 15% lo.
15. Ringankan Beban
Motor.
Motor yg berat bikin lari ikut
berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam saat mau berakselerasi
cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat
membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot enteng/ringan.
Misal pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.
16. Gunakan BBM
Sesuai Karakter Motor.
Bila misalnya motor Anda hanya
perlu menggunakan BBM dari jenis premium, tak perlu Anda ganti dengan pertamax
atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang.
Pabrikan sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin
dengan jenis BBM.
Untuk contoh di atas, memang
motor ber-BBM premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan
membuat motor bersangkutan mengonsumsi BBM lebih banyak (yang pasti harganya
lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. Jika motor memang direkomendasikan
harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas dengan memakai BBM
premium. Selain akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi BBM yang
digunakan justru akan membuat motor boros konsumsi BBM-nya.
17. Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin BBM ini
akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar!!. Kalo anda masih
suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip
kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas
perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi
kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih
irit.
18. Posisi Duduk Anda
Ini adalah cara paling simple
sekaligus bikin cara berkendara jadi aneh. Coba untuk duduk sedikit lebih
kedepan dari posisi duduk awal ini berpengaruh pada sok belakang dan membuat
motor lebih ringan dan tentunya lebih irit. Kalo masih bingung gimana sih?
Kalian perhatiin aja kalo Cewek ato Ibu-Ibu lagi bawa motor, Mereka duduknya di
ujung jok. Nah ini yang bikin motor ringan Broo.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home