upgrade tenaga mobil
Berikut ini 6 pilihan untuk mengupgrade / meningkatkan
tenaga mobil diesel :
1. Mengganjal Wastegate
Fungsi dari wastegate
sendiri adalah agar boost pressure stabil dengan cara mengalihkan exhaust gases
dari turbine dan semenjak exhaust gases dialihkan dari turbine menyebabkan
putaran kompresor menurun. Wastegate dikontrol oleh wastegate actuator dan
umumnyanya letaknya menempel di rumah kompresor. Apabila blowoff turbo
posisinya sebelum tekanan udara masuk (in) ke thorthle body maka wastegate
posisinya di bagaian pembuangan (out)
.
Cara paling sederhana meningkatkan
performa dengan melakukan oprekan / perubahan pada wastegate. Cara yang dapat
dilakukan adalah dengan mengganjal wastegate dengan ring agar posisinya lebih
mundur daripada posisi standart bawaan mobil.
Posisi wastegate yang lebih mundur
sekitar 2-3 mm menimbulkan efek gerbang lebih berat untuk membuka saat boost
berlangsung. Otomatis sisa boost yang seharusnya sudah terbuang masih ikut
tersedot ke ruang bakar. Akan terasa sekali akselarasi di gigi awal lebih padat
karena turbocharger tetap konstan ngeboost pada putaran mesin yang lebih lama.
2. Piggyback dan Stand Alone ECU
Sudah banyak piggyback yang beredar di pasaran, mulai dari yang plug dan
play sampai yang programmable alias harus menggunakan settingan manual
sehingga mencapai hasil maksimal atau hasil yang diinginkan.
Adapun keuntungan menggunakan piggyback
yang plug and play (salah satunya, merk Power Plug) adalah instalansi
yang mudah sehingga tidak merusak garansi mesin dari pabrikan mobil. Sedangkan
keunggulan piggyback programmable bisa disesuaikan dengan settingan mesin, kita
dapat mengatur injector pulse (daya semprot injector) dan fuel
pressure (tekanan solar)
Piggyback yang dipasang masih bergandengan dengan ECU Standart mobil,
sedangkan pada stand alone ECU khusus untuk mengatur mesin sedangkan ECU
standar hanya dipakai untuk mengatur komponen lainnya seperti AC, Elektrik
mobil. Dengan menggunakan ECU stand alone, beberapa variabel dapat
dimaksimalkan seperti menaikan redline yang tidak bisa diatur oleh piggyback
3. Turbo Kit
Mentok dengan performa mesin standar
? Kita dapat mengakali dengan mengupgrade rumah keong (turbo). Paket turbo
yang ditawarkan pun beragam dan sudah beberapa macam di pasaran, tetapi untuk
mengupgrade turbo, dibutuhkan biaya yang tidak bisa dipandang sebelah mata,
sekitar 20-25 Juta rupiah karena komponen yang diganti meliputi Turbo, Adaptor
, pipa dan beberapa spare part lainnya.
Untuk Turbo kit sendiri memiliki
spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap mobil karena konstrusi setiap mobil
berbeda-beda dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus dipadukan dengan piggyback
ataupun Stand Alone ECU.
4. High Flow Air Filter
Prinsip kerja mesin turbo diesel
adalah memasok udara sebanyak-banyaknya ke ruang bakar. Tidak heran apabila
sistem penyaring udara alias air filter harus bagus dan selalu dalam keadaan
bersih. Gunakan air filter yang bisa memasok debit udara dalam jumlah besar
atau sering disebut high flow air filter atau biasa disebut open air filter.
Di pasaran sudah tersedia beragam
merk dan jenis sesuai kebutuhan, mulai dari yang berbentuk orisinal pabrik
hingga model pot air filter (kerucut), merk ternama seperti K&N, JFC,
Simota dan Hurricane sudah mensupport tipe open air filter untuk mesin diesel.
Selain memasok udara dalam jumlah banyak, open air filter dapat dicuci bila
sudah kotor.
5. Downpipe Free Flow
Mesin turbo diesel zaman sekarang didesain untuk tetap ramah lingkungan, oleh karena itu pabrikan resmi menyematkan piranti Catalytic Converter persis pada saluran gas buang di turbocharger (downpipe). Padahal catalytic converter, khususnya yang sudah kotor sangat menghambat performa karena sisa gas buang yang keluar ikut terhambat.
Mesin turbo diesel zaman sekarang didesain untuk tetap ramah lingkungan, oleh karena itu pabrikan resmi menyematkan piranti Catalytic Converter persis pada saluran gas buang di turbocharger (downpipe). Padahal catalytic converter, khususnya yang sudah kotor sangat menghambat performa karena sisa gas buang yang keluar ikut terhambat.
Cara mudah mengantisipasinya,
mengganti catalytic converter dengan downpipe model polos alias free
flow. Sisa gas buang bisa plong hingga ke ujung knalpot tanpa terhambat
sama sekali. Pemasangan downpipe free flow sendiri tergolong mudah dan tanpa
melakukan perubahan sama sekali terhadap spesifikasi mobil.
6. Water-Methanol Injection
Cara yang lebih advance
mempertahankan peak power mesin turbo diesel adalah dengan cara menyemprotkan kabut methanol dan H20
(air) ke dalam ruang bakar. Prinsipnya adalah meredam suhu tinggi yang terjadi
di seputaran intake manifold hingga ruang bakar agar performa maksimal tidak
drop atau boyo.
Bermodal tabung berisi campuran
methanol dan air, pompa bertekanan tinggi dan nozzel khusus yang dibenamkan ke
belalai intake. Dan dari pengalaman menggunakan peralatan ini di drag race,
suhu tinggi mesin akibat proses detonasi bisa diturunkan hingga 25%.
Jadi apakah anda siap untuk membuat lebih kencang lagi mobil diesel anda ? Semoga 6 cara meningkatkan tenaga dari mesin diesel dapat menjadi panduan untuk mengoprek lebih dalam mobil toyota diesel kesayangan anda. - See more at: http://www.blogtoyota.com/2013/03/6-cara-meningkatkan-tenaga-mesin-diesel.html#sthash.I5Vdoly3.dpuf
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home