Saturday 17 August 2013

upgrade tenaga mobil




Berikut ini 6 pilihan untuk mengupgrade / meningkatkan tenaga mobil diesel : 

1. Mengganjal Wastegate
Fungsi dari wastegate sendiri adalah agar boost pressure stabil dengan cara mengalihkan exhaust gases dari turbine dan semenjak exhaust gases dialihkan dari turbine menyebabkan putaran kompresor menurun. Wastegate dikontrol oleh wastegate actuator dan umumnyanya letaknya menempel di rumah kompresor. Apabila blowoff turbo posisinya sebelum tekanan udara masuk (in) ke thorthle body maka wastegate posisinya di bagaian pembuangan (out)
.
Cara paling sederhana meningkatkan performa dengan melakukan oprekan / perubahan pada wastegate. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganjal wastegate dengan ring agar posisinya lebih mundur daripada posisi standart bawaan mobil.

Posisi wastegate yang lebih mundur sekitar 2-3 mm menimbulkan efek gerbang lebih berat untuk membuka saat boost berlangsung. Otomatis sisa boost yang seharusnya sudah terbuang masih ikut tersedot ke ruang bakar. Akan terasa sekali akselarasi di gigi awal lebih padat karena turbocharger tetap konstan ngeboost pada putaran mesin yang lebih lama.

 2. Piggyback dan Stand Alone ECU
Sudah banyak piggyback yang beredar di pasaran, mulai dari yang plug dan play sampai yang programmable alias harus menggunakan settingan manual sehingga mencapai hasil maksimal atau hasil yang diinginkan.

Adapun keuntungan menggunakan piggyback yang plug and play (salah satunya, merk Power Plug) adalah instalansi yang mudah sehingga tidak merusak garansi mesin dari pabrikan mobil. Sedangkan keunggulan piggyback programmable bisa disesuaikan dengan settingan mesin, kita dapat mengatur injector pulse (daya semprot injector) dan fuel pressure (tekanan solar)

Piggyback yang dipasang masih bergandengan dengan ECU Standart mobil, sedangkan pada stand alone ECU khusus untuk mengatur mesin sedangkan ECU standar hanya dipakai untuk mengatur komponen lainnya seperti AC, Elektrik mobil. Dengan menggunakan ECU stand alone, beberapa variabel dapat dimaksimalkan seperti menaikan redline yang tidak bisa diatur oleh piggyback

3. Turbo Kit
Mentok dengan performa mesin standar ? Kita dapat mengakali dengan mengupgrade rumah keong (turbo). Paket turbo yang ditawarkan pun beragam dan sudah beberapa macam di pasaran, tetapi untuk mengupgrade turbo, dibutuhkan biaya yang tidak bisa dipandang sebelah mata, sekitar 20-25 Juta rupiah karena komponen yang diganti meliputi Turbo, Adaptor , pipa dan beberapa spare part lainnya.

Untuk Turbo kit sendiri memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap mobil karena konstrusi setiap mobil berbeda-beda dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus dipadukan dengan piggyback ataupun Stand Alone ECU.

4. High Flow Air Filter
Prinsip kerja mesin turbo diesel adalah memasok udara sebanyak-banyaknya ke ruang bakar. Tidak heran apabila sistem penyaring udara alias air filter harus bagus dan selalu dalam keadaan bersih. Gunakan air filter yang bisa memasok debit udara dalam jumlah besar atau sering disebut high flow air filter atau biasa disebut open air filter.

Di pasaran sudah tersedia beragam merk dan jenis sesuai kebutuhan, mulai dari yang berbentuk orisinal pabrik hingga model pot air filter (kerucut), merk ternama seperti K&N, JFC, Simota dan Hurricane sudah mensupport tipe open air filter untuk mesin diesel. Selain memasok udara dalam jumlah banyak, open air filter dapat dicuci bila sudah kotor. 

5. Downpipe Free Flow
Mesin turbo diesel zaman sekarang didesain untuk tetap ramah lingkungan, oleh karena itu pabrikan resmi menyematkan piranti Catalytic Converter persis pada saluran gas buang di turbocharger (downpipe). Padahal catalytic converter, khususnya yang sudah kotor sangat menghambat performa karena sisa gas buang yang keluar ikut terhambat.

Cara mudah mengantisipasinya, mengganti catalytic converter dengan downpipe model polos alias free flow. Sisa gas buang bisa plong hingga ke ujung knalpot tanpa terhambat sama sekali. Pemasangan downpipe free flow sendiri tergolong mudah dan tanpa melakukan perubahan sama sekali terhadap spesifikasi mobil.

6. Water-Methanol Injection 
Cara yang lebih advance mempertahankan peak power mesin turbo diesel adalah dengan cara menyemprotkan kabut methanol dan H20 (air) ke dalam ruang bakar. Prinsipnya adalah meredam suhu tinggi yang terjadi di seputaran intake manifold hingga ruang bakar agar performa maksimal tidak drop atau boyo.

Bermodal tabung berisi campuran methanol dan air, pompa bertekanan tinggi dan nozzel khusus yang dibenamkan ke belalai intake. Dan dari pengalaman menggunakan peralatan ini di drag race, suhu tinggi mesin akibat proses detonasi bisa diturunkan hingga 25%.


Jadi apakah anda siap untuk membuat lebih kencang lagi mobil diesel anda ? Semoga 6 cara meningkatkan tenaga dari mesin diesel dapat menjadi panduan untuk mengoprek lebih dalam mobil toyota diesel kesayangan anda. - See more at: http://www.blogtoyota.com/2013/03/6-cara-meningkatkan-tenaga-mesin-diesel.html#sthash.I5Vdoly3.dpuf

Saturday 3 August 2013

Cara Merawat Aki Mobil


Cara Merawat Aki Mobil



Kualitas yang baik akan sangat menentukan keamanan berkendara maupun perawatan mobil. Sementara menunggu kebijakan tersebut, dari sisi pengendara kita juga dapat melakukan langkah-langkah preventif.
Contohnya, aki sebaiknya secara rutin kita periksa. Bukan apa-apa, aki sangat penting dalam sistem pengapian maupun kelistrikan. Pada banyak kasus, kurangnya perawatan membuat aki tekor (soak). Akibat selanjutnya adalah mesin sulit di-stater, ketika kunci kontak diputar ke posisi “START” hanya terdengar bunyi tek.. tek… tek. Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa anda lakukan agar aki lebih awet.

  1. Pantau kuantitas maupun kualitas air aki. Mestinya air aki selalu terjaga di antara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, sel-sel di dalam aki bisa menjadi berubah bentuk (melengkung, harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus). Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya memicu konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.
  2. Periksa terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Korosi dapat dibersihkan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminalnya. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin. Beri gemuk atau grease pada terminal-terminal untuk mencegah korosi.
  3. Selesai berkendara, matikan dulu komponen-komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin, agar pada saat dihidupkan kembali beban accu fokus ke sistem STATER.
  4. Jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, copot terminal negatif agar setrum di aki tidak terus menerus tersedot. (Untuk mobil Peugeot, pencopotan sebaiknya dilakukan oleh mekanik).
Ingat, daya tahan dan kekuatan aki sangat dipengaruhi perawatan. Biasanya, dalam satu tahun aki sudah mulai bermasalah, misalnya tidak sanggup lagi menyimpan tegangan dalam waktu yang lama. Dengan perawatan yang baik dan tepat, masa pakainya bisa lebih dari satu tahun. Semoga Bermanfaat.
- See more at: http://www.duniapustaka.com
 

Wednesday 31 July 2013

Oli Mesin Berkurang



Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang

Anda salah satu pemilik mobil atau motor yang oli mesinnya cepat habis dan berkurang? Padahal anda merasa baru saja mengisi atau mengganti oli pada mobil anda? Mungkin ini yang terjadi pula pada mobil anda, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui penyebab-penyebab oli motor dan mobil cepat habis dan berkurang, diantara penyebab utama ialah sebagai berikut:

1.  Seal mesin bocor - Kebocoran mesin
2.  Asap putih - Piston atau seker
3.  Ring seher - Penahan oli pada ruang pembakaran
4.  Kualitas oli kurang bagus - Tidak tahan panas atau memuai


  • Cek kebocoran pada seal mesin.

        Penyebab terjadinya oli mesin cepat habis adalah kebocoran pada seal packing yang berada disela bagian antar sambungan mesin. Baik mobil atau motor semuanya menggunakan seal diantara bagian sambungan mesin, seiring berjalannya waktu, lambat laun bagian seal tersebut tersebut kemudian akan mengeras. Pengerasan tersebut yang akan menjadikan rawan terjadinya robek pada seal. Hal inilah yang kerap terjadi namun jarang disadari oleh para pemilik kendaraan baik mobil atau motor.
        Karena kobocoran yang terjadi tersebut, maka oli mobil akan menjadi berkurang. Sedikit demi sedikit,  pada saat proses pembakaran mesin mobil sedang berlangsung, kemudian habis dengan cepat.
       Untuk mengetahui seal bocor atau tidak itu cukup mudah, lihatlah bagian sambungan penutup mesin yang tampak sealnya, jika dibagian itu terdapat rembesan oli maka bisa dipastikan anda harus mengganti seal tersebut, pada beberapa kendaraan mobil dan motor tentu harus turun mesin. Jika pada bagian tersebut tampak kering itu berarti bukan dari kebocoran mesin namun beberapa penyebab yang lain.


  • Mobil atau motor berasap putih.

        Bila terjadi kebocoran pada ring piston / seker akan membuat oli ikut terbakar pada saat mesin mobil melakukan proses pembakaran. Kemudian dari knalpot motor atau mobil akan mengeluarkan asap putih, yang menandakan oli bocor dan masuk kedalam piston.
      Jadi jangan segan, sesekali anda melihat knalpot mobil anda. Dan mengamati asap yang keluar dari dalam. Bila asap putih pekat, maka itulah tanda-tanda masalah pada seker motor dan mobil anda.


  • Ring Seher

        Kemudian periksa juga ring seher, apakah masih dapat berfungsi dengan baik dalam hal menahan oli, dan mencegah oli agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan memeriksa kompresi mobil dapat dengan cara membuka bagian kepalanya saja.
      Kondisi lain yang bisa saja terjadi adalah ruang bakar mesin yang bocor. Hal itu bisa dikarenakan chamshaft yang bocor. Hal tersebut membuat oli bisa masuk kedalam ruang bakar mesin. Bila laju mobil semain kencang, maka rembesan oli yang semakin banyak tak dapat dihindarkan.
       Kondisi oli mobil yang cepat habis akan membuat komponen mobil menjadi cepat rusak dan bahkan jika kondisinya sudah fatal. Mobil bisa berhenti mendadak saat dikemudikan sekalipun. Ada baiknya untuk memantau kondisi kendaraan anda secara rutin. Mulai sekarang anda bisa memulai membiasakan untuk membawanya ke bengkel, untuk mengecek apakah tiap bagiannya berjalan dengan baik.


  • Kualitas oli kurang bagus

        Oli yang bagus tentu akan tahan terhadap panasnya mesin, bahkan jika sedang dipakai saat perjalanan super panjang misalnya saat mudik lebaran atau kendaraan travel yang setiap hari mesin kerja ekstra keras, dan oli yang tidak bagus dia akan cepat memuai karena tidak tahan panas, lalu oli manakah yang anda pakai?
       Oli yang kualitas buruk inilah yang menyebabkan berkurang dan cepat habis, mengalami pemuaian yang tanpa kita sadari, sesuaikannlah kualitas dan harga oli dengan mobil anda, jika mobil anda memiliki tingkat rutinitas tinggi tentunya anda juga sudah harus tahu untuk memilih oli kualitas terbaik dan mengganti secara teratur, jika mesin sudah rusak karena oli tentu akan butuh biaya lebih mahal lagi, lebih baik sedia payung sebelum hujan.