Asap Putih
ASAP PUTIH PEKAT PADA KENDARAAN
Ada dua kemungkinan yang dapat menyebabkan mobil diesel berasap,
1. setingan injection pump kurang tepat timingnya.. (asap hitam)
2. Ada kebocoran oli masuk ke ruang bakar.. (asap putih)
Penyebab Oli masuk ke ruang bakar :
1.Piston aus
1.Piston aus
Tanda tanda silinder harus oversize ditandai juga dengan semakin loyonya tenaga motor,selain keluar asap putih.
2.Ring olie yang aus
Tugas ring Ring oli adalah memberikan pelumasan kepada dinding silinder.Salah satu Akibat dari ring olie yang aus adalah tidak mampu menahan olie agar tidak merembet kedalam ruang silinder.
3.Sil klep yang sudah mengeras atau sobek
Hal ini juga bisa mengakibatkan olie bocor kedalam ruang bakar.Sil klep yang sudah mengeras akan menyebabkan batang klep menjadi longgar,sehingga menjadi jalan bagi olie untuk masuk kedalam ruang bakar.
4.Paking antara blok dan kop silinder yang tidak terpasang dengan baik
Hal ini juga bisa mengakibatkan olie bocor kedalam ruang bakar.
PENTING!!!
Permasalahan pada mesin mobil yang
sering terjadi adalah penurunan performa mesin seperti tenaga/ akselerasi,
getaran mesin yang lebih besar, sampai munculnya asap putih pada knalpot mobil.
Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengidentifikasi kerusakan mesin
melalui gejala dan sedikit pemeriksaan.
Hal yang kerap terjadi pada mesin
mobil adalah mesin pincang dan asap putih, mesin pincang disini berarti ada
ketidakseimbangan pada ruang bakar (silinder) dalam mesin mobil yang mana
biasanya mobil memiliki 4 atau lebih silinder, jika 1 dari 4 silinder tersebut
bermasalah bisa dikatakan mesin pincang. Mesin pincang ini bisa disebabkan oleh
beberapa hal seperti busi mati, injektor buntu, tekanan kompresi yang lebih lemah
pada salah satu silinder.
Sedangkan keluarnya asap putih pada
bagian knalpot mobil disebabkan oleh ausnya komponen ring piston atau seal
klep, ausnya ring piston atau seal klep akan menyebabkan meresapnya oli dari
mesin ke ruang bakar sehingga oli ikut terbakar, dan hasil dari pembakaran oli
tersebut adalah asap putih yang keluar melalui knalpot mobil.
Keluarnya asap putih maupun kondisi
mesin mobil yang pincang biasanya membuat kompresi pada ruang bakar (silinder)
mobil berkurang, jika kompresi berkurang maka pembakaran bahan bakar menjadi
tidak efektif, tenaga berkurang dan boros bahan bakar. Untuk mengetahui dimana
letak kerusakan atau permasalahan pada mesin, kita akan melakukan identifikasi
pada kompresi.
Berikut yang mempengaruhi turunnya
kompresi mesin :
- Gasket silinder head bocor atau
terbakar
- Silinder block retak
- Piston retak atau berlubang
- Seal klep bocor
- Silinder head block retak atau
melengkung
- Klep bocor
- Ring piston aus atau bocor
Untuk mengetahui silinder yang mana
mengalami kebocoran tekanan (penurunan kompresi) bisa menggunakan alat ukur
kompresi yakni Compression Tester, sebagai catatan tekanan untuk mobil diesel
dan bensin berbeda yang mana kompresi mobil diesel jauh lebih besar daripada
mesin bensin, berikut prinsipnya:
- Mobil bensin idealnya memiliki
tekanan ruang bakar (kompresi) antara 140 Psi hingga 220 Psi (9,5 Bar hingga 15
Bar).
- Mobil mesin diesel idealnya
memiliki kompresi ruang bakar 600 Psi atau 42 Bar.
- Mobil bensin dikatakan kompresinya
kurang jika memiliki tekanan (kompresi) kurang dari 100 Psi atau 7 Bar.
- Selisih tekanan pada masing-masing
silinder dikatakan cukup baik jika pada masing-masing silinder terpaut tekanan
tidak lebih dari 7,2 Psi atau 0,5 Bar.
Jika pecinta otomotif ingin
memeriksa berapa tekanan pada ruang bakar mobil diesel hendaknya memilih alat
tester yang memiliki range cukup besar yakni sampai 1000 Psi atau 70 Bar,
mengingat karakteristik mobil diesel adalah memanfaatkan tekanan tinggi untuk membakar
solar.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home