Sunday, 14 July 2013

Cara Menggunakan Transmisi Otomatis

 

P
Park/Parkir
Biasanya mesin mobil hanya bisa dihisupkan bila tuas berada pada posisi N atau P
R
Reverse/Mundur
Memungkinkan mobil berjalan mundur
N
Neutral/Netral
Memungkinkan mesin mobil hidup tanpa mobil bisa berjalan
D
Drive
Tuas transmisi di posisi D, memungkinkan mobil berjalan/melaju dengan perpindahan
kecepatan berlangsung secara otomatis, mulai dari gear 1st umumnya sampai gear 3rd
 (gear 3rd dengan rasio gear 1 : 1). Perpindahan kecepatan secara otomatis tanpa
harus menginjak pedal kopling, layaknya mobil bertrasnamisi manual.
D-3/OD
Overdrive
Pada saat tuas transmisi digeser ke posisi D-3, atau pada beberapa jenis mobil, saat
tombol OD yang ada di tuas transmisi diaktifkan, memungkinkan terjadi perpindahan
rasio gear dari 1st ke OD, sehingga hemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.
Intermediate (2 atau D-2)
Ketika tuas digeser ke 2, transmisi akan bekerja secara otomatis pada gear 1st dan
2st, serta membatasi perpindahan ke gear 3rd.
Selain itu juga secara mekanis mengaktifkan compression breaking atau yang pada
mobil manual acap kali disebut engine breaking. Fungsinya, saat mobil melaju diturunan,
transmisi otomatis akan membantu menahan laju mobil. Harap diingat, setelah melintasi
jalan normal, geser kembali tuas ke D.