Wednesday, 31 July 2013

Oli Mesin Berkurang



Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang

Anda salah satu pemilik mobil atau motor yang oli mesinnya cepat habis dan berkurang? Padahal anda merasa baru saja mengisi atau mengganti oli pada mobil anda? Mungkin ini yang terjadi pula pada mobil anda, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui penyebab-penyebab oli motor dan mobil cepat habis dan berkurang, diantara penyebab utama ialah sebagai berikut:

1.  Seal mesin bocor - Kebocoran mesin
2.  Asap putih - Piston atau seker
3.  Ring seher - Penahan oli pada ruang pembakaran
4.  Kualitas oli kurang bagus - Tidak tahan panas atau memuai


  • Cek kebocoran pada seal mesin.

        Penyebab terjadinya oli mesin cepat habis adalah kebocoran pada seal packing yang berada disela bagian antar sambungan mesin. Baik mobil atau motor semuanya menggunakan seal diantara bagian sambungan mesin, seiring berjalannya waktu, lambat laun bagian seal tersebut tersebut kemudian akan mengeras. Pengerasan tersebut yang akan menjadikan rawan terjadinya robek pada seal. Hal inilah yang kerap terjadi namun jarang disadari oleh para pemilik kendaraan baik mobil atau motor.
        Karena kobocoran yang terjadi tersebut, maka oli mobil akan menjadi berkurang. Sedikit demi sedikit,  pada saat proses pembakaran mesin mobil sedang berlangsung, kemudian habis dengan cepat.
       Untuk mengetahui seal bocor atau tidak itu cukup mudah, lihatlah bagian sambungan penutup mesin yang tampak sealnya, jika dibagian itu terdapat rembesan oli maka bisa dipastikan anda harus mengganti seal tersebut, pada beberapa kendaraan mobil dan motor tentu harus turun mesin. Jika pada bagian tersebut tampak kering itu berarti bukan dari kebocoran mesin namun beberapa penyebab yang lain.


  • Mobil atau motor berasap putih.

        Bila terjadi kebocoran pada ring piston / seker akan membuat oli ikut terbakar pada saat mesin mobil melakukan proses pembakaran. Kemudian dari knalpot motor atau mobil akan mengeluarkan asap putih, yang menandakan oli bocor dan masuk kedalam piston.
      Jadi jangan segan, sesekali anda melihat knalpot mobil anda. Dan mengamati asap yang keluar dari dalam. Bila asap putih pekat, maka itulah tanda-tanda masalah pada seker motor dan mobil anda.


  • Ring Seher

        Kemudian periksa juga ring seher, apakah masih dapat berfungsi dengan baik dalam hal menahan oli, dan mencegah oli agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan memeriksa kompresi mobil dapat dengan cara membuka bagian kepalanya saja.
      Kondisi lain yang bisa saja terjadi adalah ruang bakar mesin yang bocor. Hal itu bisa dikarenakan chamshaft yang bocor. Hal tersebut membuat oli bisa masuk kedalam ruang bakar mesin. Bila laju mobil semain kencang, maka rembesan oli yang semakin banyak tak dapat dihindarkan.
       Kondisi oli mobil yang cepat habis akan membuat komponen mobil menjadi cepat rusak dan bahkan jika kondisinya sudah fatal. Mobil bisa berhenti mendadak saat dikemudikan sekalipun. Ada baiknya untuk memantau kondisi kendaraan anda secara rutin. Mulai sekarang anda bisa memulai membiasakan untuk membawanya ke bengkel, untuk mengecek apakah tiap bagiannya berjalan dengan baik.


  • Kualitas oli kurang bagus

        Oli yang bagus tentu akan tahan terhadap panasnya mesin, bahkan jika sedang dipakai saat perjalanan super panjang misalnya saat mudik lebaran atau kendaraan travel yang setiap hari mesin kerja ekstra keras, dan oli yang tidak bagus dia akan cepat memuai karena tidak tahan panas, lalu oli manakah yang anda pakai?
       Oli yang kualitas buruk inilah yang menyebabkan berkurang dan cepat habis, mengalami pemuaian yang tanpa kita sadari, sesuaikannlah kualitas dan harga oli dengan mobil anda, jika mobil anda memiliki tingkat rutinitas tinggi tentunya anda juga sudah harus tahu untuk memilih oli kualitas terbaik dan mengganti secara teratur, jika mesin sudah rusak karena oli tentu akan butuh biaya lebih mahal lagi, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Monday, 29 July 2013

Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh



Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Mudik adalah suatu kewajiban yang dilakukan oleh para perantau, kegiatan ini dilakukan rutin setahun sekali umumnya menjelang hari raya idul fitri, tentunya sebelum kita melakukan perjalanan jauh kita harus melakukan persiapan, khususnya untuk anda yang bepergian mudik menggunakan kendaraan sendiri. Berikut ini beberapa bagian mobil yang harus di periksa sebelum melakukan perjalanan jauh. 


      1.   Oli
      Sebagai komponen yang paling penting dalam kendaraan, layaknya darah manusia, bagaimana jika oli tidak diganti secara berkala, selain itu oli juga berguna untuk menjaga kestabilan suhu mesin, tetapi walaupun oli anda sudah diganti, tetapi ada baiknya jika oli kendaraan anda tetap diganti, tentunya dengan oli yang bermerk karena hal ini juga akan meningkatkan kinerja mesin.
2.      Filter Oli
      Setelah kita mengganti oli, tentu akan lebih baik jika kita mengganti filter oli, karena filter sebagai pelengkap untuk fitnya mesin.
3.      Filter Udara
      Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk keruang bakar pada mesin, tentunya ini mencegah partikel kotoran masuk ke mesin. Karena kesempurnaan proses pembakaran salah satu syaratnya adalah udara yang bersih.

4.      Mengatur Ulang Kelep
      Mengganti semua jenis filter seharusnya dibarengi dengan penyetelan kelep disemua mesin, tetapi hal yang harus diingat adalah menyetel kelep pada ahlinya, karena jika kita salah masuk bengkel maka akibatnya tentu saja masalah baru yang akan timbul pada mesin anda.
5.      Sistem Pengapian
      Perhatikan pula sistem pengapian, khususnya untuk mobil yang telah berusia lima tahun, karena jika pembakaran kurang sempurna tetunya tenaga mobil akan loyo dan boros bahan bakar.
6.      Sistem Pendingin
      Hal yang satu ini tidak kalah pentingnya, karena sistem pendingin bisa dikatakan sebagai salah satu alat vital dan penting dalam perjalanan mudik yang tentunya akan dipenuhi dengan kemacetan. Hal yang wajib diperiksa adalah kipas, tali kipas, tutup radiator,serta selang karet karburator atau bahkan ambil langkah mengganti komponen-komponen tersebut.
7.      Aki
      Tentunya komponen yang satu ini merupakan sumber tenaga setrum bagi mobil, mulai distater hingga mesin mati aki merupakan elemen penting bagi mobil. Periksa semua komponen yang berhubungan dengan aki, semisal sel-sel aki, cairan aki, kebel dan terminal aki, hal ini juga berlaku untuk mobil yang menggunakan aki kering, tetap periksa aki mobil anda untuk kelancaran mudik anda.
8.      Rem
      Satu alat paling vital dalam keselamatan berkendara, karena itu pastikan kanvas rem, minyak dan booster bekerja dengan baik, jika perlu ganti dengan yang baru, karena ini demi keamanan dan keselamatan anda pada saat berkendara.
9.      Kanvas Kopling
      Sama halnya dengan rem, kampas kopling merupakan hal yang tak kalah penting dalam sebuah kendaraan, Pasalnya, peranti itulah yang menjadi pengungkit bagian pertama yang digunakan mobil untuk mengungkit tenaga dari mesin untuk disalurkan ke roda oleh sistem transmisi. Kita harus memastikan keadaan kanvas kopling kita dalam keadaan prima, hal ini penting pada saat kita berada dalam keadaan macet tentu kita akan menginjak pedal kopling, hal ini tentunya akan merepotkan kita jika kopling kita bermasalah.
10.  Lampu
      Pastikan kondisi lampu mobil anda dalam keadaan yang sempurna, baik lampu utama, lampu kabut, lampu rem, lampu hazard dalam keadaan bagus.

Demikianlah tips aman sebelum mudik untuk kendaraan kita, periksa elemen-elemen tersebut sebelum anda melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman anda.

 dikutip dari kaskus

Cara Mengemudi Mobil Yang Benar dan Aman



Cara Mengemudi Yang Aman

Mengemudi yang baik dan benar ternyata tak mudah. Coba cek apakah cara mengemudi Anda sudah tepat?

  • Duduk dengan benar 

Anda dan juga para penumpang harus selalu duduk dengan aman sepanjang berada dalam mobil. Yakinkan mereka mengenakan sabuk pengaman secara benar. Memang banyak kasus layaknya mukzijat, penumpang selamat dari kecelakaan walaupun tak mengenakan sabuk pengaman. Tapi, ingatlah bahwa sabuk pengaman, betapapun awalnya terasa cukup menganggu, adalah perlengkapan pengaman paling standar yang dapat menghindarkan penumpang dari ancaman cedera serius.


  • Pandangan jauh ke depan

Harus selalu diingat bahwa sistem keamanan aktif yang paling utama adalah mata pengemudi. Pandangan pengemudi harus selalu jauh ke depan sepanjang menjalankan kegiatannya di atas mobil. Dan, jangan memaksakan diri terus mengemudi kala kantuk bertandang.


  • Waspada terhadap sekeliling 

Selain menjaga pendangan ke depan, selalu melihat pada ketiga spion untuk memantau keadaan di kiri, kanan, dan pandangan belakang menjadi keharusan berikutnya. Lalu lalang mobil, kendaraan lain, dan pejalan kaki di sekitar mobil akan membuat Anda tepat mengambil keputusan saat menjumpai kondisi kritis.


  • Jaga jarak aman 

Memposisikan kendaraan di tengah lalu lintas secara benar merupakan saran lain bagi keutamaan keselamatan. Bagi lalu lintas padat seperti Jakarta, rekomendasi jaga jarak dalam hitungan meter memang tak mudah dilakukan. Namun selalu memperhitungkan posisi 'pantat' dan jarak aman 'moncong' terhadap mobil di depan, akan memperkecil risiko senggolan di jalan.


  • Jangan mudah terlena 

Perangkat tambahan seperti telepon, CD player dan mungkin saja GPS display akan membuat situasi mengemudi lebih nyaman. Tetapi, jangan sekali-kali terlena dengan kemewahan itu, karena sedikit saja hilang perhatian terhadap lingkungan, maka kematian bisa menjadi acaman serius.


  • Pengguna jalan lain 

Di jalanan bukan hanya ada mobil, apalagi truk atau bis yang Anda kemudikan. Pejalan kaki, pengendara motor dan sepeda, bahkan pendorong gerobak adalah bagian dari lalu lintas Jakarta. Waspadai gerakan mereka, karena kadang kalangan ini tak ambil peduli saat menggunakan jalan yang sama dengan Anda lalui.


  • Mengemudi adalah kegiatan sosial 

Karena itu perlu adaptasi dengan keadaan sejumlah mobil dan kondisi lalu lintas sekelilingnya. Bila tidak bisa mengikuti 'irama' sekeliling, ancaman kecelakaan bisa muncul sewaktu-waktu. Misalnya, Anda terlalu kencang, atau bisa saja terlalu lambat, saat mengemudi di tol akan sangat membahayakan diri dan mobil bersangkutan.


  • Perlakukan mobil seperti pasangan Anda 

Mobil adalah salah satu barang investasi, juga untuk sarana kerja, belanja, dan mungkin bepergian jauh. Karenanya perlakuan hati-hati dan sayang kepada mobil menjadi keharusan berikutnya. Karena, dengan selalu memperlakukan mobil secara baik akan menghemat biaya perbaikan -- bila terjadi benturan -- dan ongkos perawatan.


  • Ikut arus secara baik 

Ngebut dan sering mencuri lampu lalu lintas kadang merupakan pengalaman menarik kala mengemudi di lalu lintas perkotaan. Tapi, terus mengikuti arus dan beradaptasi dengan gaya mengemudi para sopir di sekeliling akan lebih menjamin mobil selamat dari ancaman kecelakaan. Maka kalem-kalem sajalah kalau sedang mengemudi di lalu lintas padat.


REPUBLIKA.CO.ID

Thursday, 25 July 2013

Mobil Irit di Indonesia



 
Bagus Negara Posted on 03:30
        Kebanyakan orang di Indonesia jika membeli sebuah mobil pasti akan memikirkan beberapa hal yang diperhatikan, selain harga yang wajar, hal kedua yang pertama orang Indonesia tanyakan kepada sales mobil adalah apakah mobil tersebut irit bahan bakar? ya. tentu saja itu pertanyaan yang masuk akal dan juga termasuk kedalam list dalam perawatan mobil tersebut, semakin irit semakin bagus.
        Itu sebabnya pabrikan mobil juga berlomba-lomba membuat mereka lebih irit bahan bakar tanpa mengurangi performa mobil tersebut. jika saat ini anda tengah bingung memilih mobil yang nantinya akan anda beli, ijogading.com dalam kesempatan kali ini akan memberikan referensi yang semoga bisa anda pertimbangkan mobil mana yang cocok untuk anda. tentu saja disini ijogading.com akan memilah lagi mobil-mobil irit tersebut apakah masuk akal untuk ukuran kebanyakan orang indonesia kalangan menengah.
8. Toyota Avanza Veloz
         Termasuk dalam kelas MPV keluaran Toyota ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai mobil rakyat, kini mereka memberikan generasi terbaru varian Avanza yang lebih fresh pada tampilan fisiknya. Dengan kapasitas mesin sebesar 1,5 liter mobil ini mampu menguarkan tenaga 104HP pada torsi 136 Nm.

 
Konsumsi BBM
- Luar Kota = 12,13Km/Lt
- Dalam Kota = 7,87Km/Lt


7. New Daihatsu Xenia 1.0
        Sama seperti "saudara siamnya" yaitu Toyota Avanza Veloz mobil ini juga memberikan kesan baru pada tampilan teranyarnya. Dengan mesin 3 silinder berkapasitas 989cc ia bertenaga 63HP pada torsi 90 Nm. Hasilnya? 
  
Konsumsi BBM
- Luar Kota = 13,48Km/Lt
- Dalam Kota = 9,15Km/Lt

6. Suzuki Ertiga
        Suzuki yang dikenal sebagai mobil dengan konsumsi irit hampir disetiap jenisnya. Seperti tak puas suzuki kembali memberikan jenis mobil baru berlabel Ertiga. Dengan model yang belum pernah dilihat orang Indonesia sebelumnya namun masih memiliki ciri khas ala Suzuki sepertinya mobil ini bakal menyaingin mobil rakyat pilihan orang Indonesia Selanjutnya. Bermesin 1,4 Liter DOHC dengan teknologi VVT membuat MPV ini memiliki ruang pembakaran sempurna sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi irit. oh ya, kekuatan mesinnya 95HP pada torsi 130 Nm.

Konsumsi BBM
- Rata-rata = 16,3Km/Lt

5. New Kia Picanto
        Walau berbadan mungil namun jangan sekali-sekali meremehkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.248cc. Mobil yang diproduksi sebagai city car dan menarget kalangan muda ini memiliki tenaga sebesar 87HP pada torsi 120 Nm.

 

Konsumsi BBM
- Luar Kota = 17,25Km/Lt
- Dalam Kota = 11,7Km/Lt

4. Daihatsu Sirion
        Walau ada beberapa orang yang mengejek tampilan mobil ini tapi jika anda penyuka mobil irit dan efisien tidak ada salahnya memilih Daihatsu Sirion. Dengan harga yang terbilang murah untuk sekelas mobil bermesin 4 Silinder dan 1.298cc, ia juga dapat mencapai kekuatan sampai 92HP pada torsi 120Nm.

 

Konsumsi BBM
- Luar Kota = 18,2Km/Lt
- Dalam Kota = 12Km/Lt

3. Honda Brio
         Seperti tak mau kalah saing dengan kompetitor dari Suzuki yang mengeluarkan jenis mobil baru yaitu Suzuki Ertiga, Honda dengan bangga mempersembahkan Honda brio. Mesin 4 Silinder, berkapasitas 1.339cc. mampu mencapai 100HP pada tenaga maksimum.

 

Konsumsi BBM
- Luar Kota = 19,62Km/Lt
- Dalam Kota = 14,4Km/Lt

2. Nissan March
        Mungkin sebagian dari anda akan sedikit ragu dengan mobil ini karena sangat jarang sekali orang Indonesia memilih mobil ini sebagai mobil pilihan, tapi percayalah dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1,2Liternya ia benar-benar mobil yang irit bahan bakar. buktinya?

 

Konsumsi BBM
- Luar Kota = 19,8Km/Lt
- Dalam Kota = 15,4Km/Lt

1. All New Suzuki Swift
       Inilah dia jawara mobil irit di Indonesia kategori dibawah 250jt. Memang sebelumnya tak hanya dikenal irit, mobil ini juga memiliki tenaga mesin yang lumayan garang, tak jarang bagi penyuka balap mobil ia terkadang ikut serta didalamnya, seperti kompetisi Rally, Slalom ataupun Touring Car. walau garang ia juga menjadi pilihan karena disebut sebagai city car yang nyaman dikendarai.

 

Konsumsi BBM
- Rata-rata = 20Km/Lt

Itulah 8 daftar mobil paling irit dan murah di Indonesia kategori harga dibawah 250jt yang bisa anda jadikan sebagai referensi. hal lain yang perlu anda ketahui saat berbicara mobil irit dan murah adalah ketahui juga sisi kenyamanan, fasilitas dan keamanan mobil tersebut. Semoga Bermanfaat. :)